Salah satu kegiatan dosen dalam Tri Darma Perguruan Tinggi adalah melakukan Penelitian, untuk itu tim Dosen Pemula Prodi D.III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang yang diketuai Ibu Yunetra Franciska, SST,. M.Keb dan anggota Aprilia Ayu Shinta Yuka, SST,. MKM dan Wilma, SST,. M.Kes melakukan kegiatan tersebut dengan judul Pengaruh Hipno Prenatal dan Prenatal Yoga terhadap Nyeri Persalinan Pada Ibu Bersalin di Bidan Praktik Mandiri Meli Rosita Palembang Tahun 2019.

Pengalaman perempuan menghadapi nyeri dalam persalinan beragam, namun intensitas nyeri dapat diperburuk oleh rasa takut, ketegangan dan kecemasan. Teknik hypnosis telah diisukan sebagai cara untuk mengatasi ketakutan dan kecemasan, memperpendek waktu persalinan dan mengurangi jumlah perempuan yang tinggal di rumah sakit selama lebih dari 2 hari setelah bayi lahir. Selain hypnosis, yoga selama kehamilan juga berpengaruh positif terhadap pengurangan intensitas nyeri kala I persalinan. Yoga kehamilan menekankan dasar latihan pada postural dan teknik pernafasan dalam sehingga dapat membantu memberikan ketenangan jiwa dan pikiran yang dapat dijadikan sebagai coping stress.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di Bidan Prakti Mandiri Meli Rosita Palembang ada pengaruh yang signifikan pada hipno prenatal dan yoga prenatal terhadap nyeri persalinan pada ibu bersalin.

(Reported by : Wilma)

Leave a Comment

eleven + 8 =