Palembang, 1 Nopember 2020. Prodi D-III Kebidanan Palembang Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang selama 3 hari (tanggal 1 sd 3 Nopember 2020) mendapat kunjungan atau visitasi dari TIM Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi  Kesehatan (LAM-PTKes) yaitu Ibu Dr. Sri Wahyuni, M.Mid dari Poltekkes Kemenkes Surakarta dan Ibu Lilis Lisnawati, SST, M.Kes dari STIKES Respati Jawa Barat. Akreditasi merupakan kegiatan penilaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi.

Mengingat kondisi indonesia saat ini yaitu masih dalam keadaan pandemi Covid-19, maka kegiatan Visitasi ini dilakukan secara daring sesuai dengan Kebijakan dan Langkah yang diambil oleh LamPT-Kes sebagai lembaga yang bertugas memberikan penilaian akreditasi perguruan tinggi kesehatan untuk mencegah penyebaran secara massif virus corona (covid-19).

Direktur Poltekkes Palembang  Bpk. Muhamad Taswin, S.Si, Apt, MM, M.Kes dalam sambutannya mengatakan, “ Tujuan akreditasi LAM-PTKes bukan hanya untuk memberikan status dan peringkat akreditasi program studi saja, tetapi utamanya untuk menumbuhkan kesadaran, motivasi, dan langkah-langkah konkrit yang akhirnya bermuara pada budaya peningkatan mutu berkelanjutan di Poltekkes Palembang, khususnya di Prodi D-III Kebidanan Palembang”

Kegiatan visitasi diawali arahan dari ketua Tim Asesor LAM-PTKes yaitu Ibu Dr. Sri Wahyuni, M.Mid kemudian dilanjutkan dengan pemutaran profil Prodi D III Kebidanan Palembang, paparan dari Direktur dan Ka.Prodi terkait penjelasan singkat tentang Perguruan Tinggi Poltekkes Kemenkes Palembang dan Program Studi D-III Kebidanan Palembang Jurusan Kebidanan . Acara kemudian dilanjutkan dengan dengan live streaming  fasilitas sarana dan prasarana yang ada di Prodi DIII Kebidanan Palembang diawali dengan peninjauan ruang dosen, perpustakaan, ruang kelas, ruang laboratorium kebidanan,musola, wifi-corner, asrama, ruang makan asrama, tempat parkir dan lapangan olah raga, kemudian dilanjutkan dengan singkronisasi data dan dokumen borang 3A dan 3B. Kemudian dihari yang ke-2 dilanjutkan dengan kegiatan wawancara oleh TIM Asesor dengan pihak Stakholder, Alumni, Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Mahasiswa. Setelah kegiatan wawancara, acara dilajutkan dengan kegiatan klarifikasi dan revisi berkas atau dokumen yang masih diperlukan oleh TIM Asesor. Pada hari ke-3 kegiatan dilanjutkan dengan klarifikasi dan penandatangan Berita Acara  yang sudah disepakati bersama antara TIM Asesor dengam Program Studi dan Perguruan Tinggi yang dilakukan Visitasi. Setelah penandatangan Berita Acara, kegiatan dilanjutkan dengan penutupan yang yang langsung dipimpin oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang.

(Reported by : Jasmi)

Leave a Comment

1 × two =