Salah satu kegiatan dosen dalam Tri Darma Perguruan Tinggi adalah melakukan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, untuk itu tim Dosen Prodi D.III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang yang diketuai Ibu Nesi Novita, S.SiT,. M.Kes dan anggota tim Wita Asmalinda, SST,. M.Kes dan Desy Setiawati, SST,. M.Keb melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Pakjo Palembang Tahun 2019 dengan sasaran kegiatan kelas ibu hamil tentang Pemberdayaan Ibu Hamil Trimester III melalui Anuloma Viloma dalam Menurunkan Nyeri Pinggang.

Kegiatan ini dilanjutkan secara berkala untuk penelitian dengan tema dan judul Efektifitas Anuloma Viloma dalam Menurunkan Nyeri Persalinan Kala I di BIdan Praktik Mandiri Kota Palembang.

Nyeri pada persalinan kala I merupakan proses fisiologis yang disebabkan oleh proses dilatasi serviks, hipoksia otot uterus saat kontraksi, ischemia korpus uteri dan peregangan segmen bawah rahim dan kompresi saraf di serviks. Penatalaksanaan non farmakologis untuk mengurangi nyeri persalinan kala I dengan anuloma viloma dapat membantu produksi endorphin sehingga mampu mengendalikan rasa nyeri serta sakit dan mengendalikan perasaan stress

(Reported by : Wilma)

Leave a Comment

one − 1 =