Palembang ,  Januari 2021. Pembelajaran praktik laboratorium dan ujian praktik semester ganjil TA.2020/2021 dilaksanakan di akhir semester. Bimbingan praktik laboratorium diikuti seluruh mahasiswa Prodi DII tingkat I dan II. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, pelaksanaan praktik di laboratorium berjalan dengan baik. Setelah mengikuti bimbingan  di laboratorium, diharapkan mahasiswa mempunyai keterampilan untuk melanjutkan praktik  di lapangan.

Setelah melaksanakan pembelajaran dan  bimbingan pratikum dari masing-masing mata kuliah yang dilakukan oleh dosen pengampu mata kuliah, selanjutnya setiap mahasiswa di uji untuk melakukan ujian pada mata kuliah yang mempersyaratkan mahaiswa harus  mampu melakukan keterampilan sesuai dengan capaian dari masing-masing mata kuliah dengan menggunakan phantom yang sudah tersedia di laboratorium Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang.

Ujian Pratikum ini merupakan cakupan dari pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap dasar yang direfleksikan dalam sebuah praktik. karena seorang Bidan harus memiliki kompetensi dan bidang pengetahuan, keterampilan dan perilaku dalam melaksanakan praktik kebidanan secara aman dan bertanggungjawab dalam berbagai tatanan pelayanan kesehatan. “Harapannya dengan adanya ujian keterampilan ini, mahasiswa dapat meningkatkan life skill terkait ilmu kebidanan dan mahasiswa kebidanan akan menjadi seorang bidan yang profesional,” 

(Reported by : Jasmi)

Leave a Comment

two × 5 =