Palembang, 08 Februari 2021. Praktik Klinik Kebidanan merupakan kegiatan belajar dilapangan agar mahasiswa memperoleh kesempatan untuk melaksanakan praktik pada tatanan klinik kebidanan yang sebenarnya yaitu di Rumah Sakit, Puskesmas dan Praktik Mandiri Bidan (PMB).  

Mahasiswa diberi kesempatan yang seluas-luasnya untuk dapat mempraktikkan teori yang telah diperoleh pada semester ini yaitu melaksanakan asuhan kebidanan. Dari teori yang diperoleh pada perkuliahan diharapkan agar peserta didik mendapatkan pengalaman melaksanakan praktik secara benar dan terarah sesuai dengan prinsip dan etika profesi kebidanan sehingga dapat memberikan dampak positif pada perkembangan kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Melalui praktik klinik yang tepat, peserta didik secara langsung mulai mengenal pelayanan kesehatan  Asuhan Kebidanan dan belajar menanamkan disiplin serta kerjasama diantara sesama anggota profesi kesehatan.   

Prodi D- III Kebidanan Palembang Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang, melaksanakan serah terima mahasiswa tingkat III Semester VI sebanyak 79 orang dalam kegiatan Praktik Klinik Kebidanan (PKK III) yang tersebar  dibeberapa lahan praktik antara lain RSUD Palembang Bari, RS Muhammmadiyah Palembang, Puskesmas Wilayah Kota Palembang dan Praktik Mandiri Bidan (PMB) Wilayah Kota Palembang yang di Wakilkan oleh masing-masing dosen pembimbing yang sudah ditunjuk dari pihak institusi. Dalam kegiatan  ini masing-masing dosen pembimbing menyampaikan dan menyerahkan mahasiswa dengan jumlah 3 orang mahasiswa pada setiap kelompok. Sebelum menurunkan mahasiswa ke lahan praktik pihak pendidikan sudah melakukan pembekalan kepada seluruh mahasiswa,  membuat penyataan kesedian orang tua mahasiswa untuk melakukan praktik klinik dan melakukan swab antigen  yang merupakan salah satu syarat dan ketentuan dari pihak RS dan Dinas Kesehatan Kota palembang, hal ini dilakukan untuk mencegah dan mengindari hal-hal yang tidak diinginkan pada masa Pandemi Covid-19. Dari pihak RS, Puskesmas dan Praktik Mandiri BIdan juga menyampaikan beberapa pesan, agar selama melaksanakan kegiatan praktik mahasiswa harus selalu mematuhi Protokol Kesehatan, menjaga kesehatan dan dapat menerapakan ilmu yang  sudah didapat dan memperoleh ilmu baru selama mangikuti kegiatan ini.

(Reported by : Jasmi)

Leave a Comment

2 × five =