Palembang, 7 Desember 2020. Politeknik Kesehatan Kemenkes Palembang mendapat penghargaan Juara Terbaik II sebagai INOVATOR kategori mahasiswa  pada Malam Penganugerahan Inovator dari Gubernur Sumatera Selatan. Pemberian penghargaan yang diberikan langsung oleh Bapak Gubernur Sumaera Selatan, Bpk. Herman Deru, SH, MM dilaksanakan di Griya Agung Palembang, Jl. Demang Lebar Daun No.9 Demang Lebar Daun Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang. Lomba Inovator Provinsi Sumatera Selatan ini diselenggarakan dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-25. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Gubernur Sumatera Selatan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sumatera Selatan. Pada lomba inovator ini, tim juri telah berhasil menjaring 87 Inovator yang akan diberikan peghargaan oleh Bapak Gubernur Sumatera Selatan dengan 17 Kategori.

Dalam meraih penghargaan ini, mahasiswa harus melalui beberapa tahap seleksi, yang mulai dari seleksi tahap awal yakni dengan mengirimkan form peserta pemilihan anugerah inovator sumatera selatan Tahun 2020 terhadap produk inovasi yag diikutkan dalam lomba, kemudian hasil penilaian dari tim penilai dan berdasarkan surat dari Kepala Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan Nomor : 0051874/LITBANG.II/2020 tanggal 10 November 2020 perihal undangan presentasi lomba inovator kategori mahasiswa inovatif dan siswa inovatif, mahasiswa Poltekkes Kemenkes Palembang terpilih menjadi 10 besar nominator kategori mahasiswa inovatif dan harus melakukan presentasi terhadap produk inovasi yang dilombakan.

Tahap selanjutnya berdasarkan surat dari Kepala Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan Nomor : 600/919/LITBANG.II/2020 tanggal 23 November 2020 perihal Fact Finding dan hasil penilaian dari Tim Juri terhadap presentasi mahasiswa yang telah dilakukan pada tanggal 12 November 2020, maka tim juri melakukan Fact Finding untuk membuktikan fakta mengenai keberadaan Inovasi yang diajukan. Kegiatan Fact Finding dilakukan di Puskesmas 23 Ilir Palembang pada tanggal 25 November 2020 yang dinilai oleh tim juri yang berjumlah 7 orang juri yang telah ditetapkan oleh Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan.

Pada tahap akhir berdasarkan surat dari Sekretaris Daerah Sumatera Selatan bpk. H. Nasrun Umar nomor : 005/3173/Litbang.I/2020 tanggal 3 Desember 2020, Poltekkes Kemenkes Palembang berhasil meraih Terbaik II kategori mahasiswa atas nama Elga Mardani dan Juwita Suryani dengan dosen Pembimbing Sari Wahyuni, SST, M.Keb dan kepada tim inovator serta Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang mendapat undangan untuk menerima penghargaan pada malam penganugerahan Inovator Sumatera Selatan Tahun 2020 dari Bapak Gubernur Sumatera Selatan.

Pada malam penganugerahan yang diselenggarakan pada hari Senin, 7 Desember 2020 mulai pukul 20.00 wib, Tim innovator hadir bersama Wakil Direktur III Poltekkes Palembang Bpk. Lukman, Ners, MM, M.Kep beserta Dosen pembimbing, dimana pada malam tersebut juga dilakukan display inovasi pada produk inovasi yang diikutkan dalam lomba. Adapun produk inovasi yang diikutkan dalam kegiatan lomba ini yakni aplikasi IMMUNECARE yang merupakan inovasi dalam pelayanan imunisasi dasar di Puskesmas Kota Palembang yang dikembangkan oleh Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Palembang Jurusan Kebidanan. Aplikasi IMMUNECARE ini mulai dirintis pada tahun 2019 kemudian pada pertengahan tahun 2020 dilakukan pengembangan kembali terhadap aplikasi ini dan Alhamdulillah pengembangan aplikasi IMMUNECARE ini mendapatkan apresiasi dari Bapak Gubernur Sumatera Selatan untuk dijadikan sebagai salah satu produk inovasi Sumatera Selatan Tahun 2020.

Bapak Muhamad Taswin, S.Si, Apt, MM, M.Kes Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang beserta jajarannya merasa sangat bangga dengan pencapaian prestasi ini begitupun dengan segenap civitas akademika Poltekkes Kemenkes Palembang mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih mahasiswa jurusan kebidanan pada Lomba Inovator Sumatera Selatan Tahun 2020 ini yang telah mengharumkan nama Poltekkes Kemenkes Palembang dan mampu berkompetisi dengan  mahasiswa dari perguruan tinggi lain. Dengan pencapaian prestasi ini diharapkan produk inovasi IMMUNECARE dapat diimplementasikan pada pelayanan kesehatan khususnya di Puskesmas Kota Palembang dan Puskesmas yang ada di Provinsi Sumatera Selatan pada umumnya. Dan tentunya prestasi yang diraih ini agar dapat menjadi motivasi bagi segenap mahasiswa maupun dosen yang ada di lingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang untuk dapat meraih prestasi baik pada bidang akademik maupun non akademik. (Reported by : Sari Wahyuni, M.Keb)

Leave a Comment

13 − 2 =