Pada hari Senin, 27 Januari 2020 bertempat diruang aula RSUD Sekayu dan aula RSUD Muara Enim telah dilaksanakan Pembukaan Praktik Klinik Komprehensif II (PKK II) Mahasiswa Prodi D IV Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang. Kegiatan ini dihadiri oleh Ka. Diklat RSUD Sekayu dan RSUD Muara Enim, Ka. Prodi D IV Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang serta pembimbing lahan praktek, pembimbing dari institusi dan Mahasiswa Prodi D IV Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang.

Dalam sambutannya Ka. Prodi D IV Kebidanan Elita Vasra, SST, M.Keb berpesan kepada mahasiswa agar dapat melaksanakan praktek dengan baik, melakukan asuhan sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai, mematuhi peraturan dan ketetapan yang telah ditentukan oleh lahan praktik dan institusi pendidikan dan tentunya dapat berperilaku sopan, bertanggungjawab serta menjaga etika dalam melaksanakan praktik.

Peserta PKK II ini adalah mahasiswa Prodi D IV Kebidanan Semester VIII Tahun Akademik 2019/2020 sebanyak 37 orang yang dibagi menjadi dua kelompok besar yakni 19 orang akan melaksanakan praktek di RSUD Muara Enim Sumatera Selatan dan dan 18 orang akan melaksanakan praktek di RSUD Sekayu Musi Banyuasin Sumatera Selatan.PKK II ini dilaksanakan selama 4 minggu mulai tanggal 27 Januari s.d 21 Februari 2020.

Praktik Klinik Kebidanan Komprehensif II bertujuan untuk melaksanakan asuhan kebidanan secara komprehensif dan mandiri maupun kolaborasi serta rujukan dengan tepat dalam manajemen kasus di semua tatanan pelayanan kesehatan di instansi kesehatan. Dalam kegiatan praktek ini setiap mahasiswa harus membuat pendokumentasian pada setiap asuhan yang telah dilakukan kemudian setiap kelompok juga membuat laporan kasus.

– Sari Wahyuni –

Leave a Comment

twenty − sixteen =