Pada tangal 19 s.d 20 Desember 2020 bertempat di Hotel The zury Palembang, Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Palembang mengadakan Pelatihan Updating Perseptor Mentor Bagi Dosen dan Clinical Instruktur Pendidikan Profesi Bidan.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh dosen dan clinical Instruktur pendidikan profesi bidan dengan latar belakang pendidikan minimal D4 kebidanan yang berasal dari beberapa Rumah Sakit yang ada di kota Palembang, Puskesmas dan Praktek Bidan Mandiri di kota Palembang. Adapun narasumber dalam pelatihan updating ini adalah Ibu Heni Puji Wahyuningsih, S.SiT, M.Keb dan Ibu Dr. Yuni Kusmiyati, SST, MPH

Tujuan dari pelatihan ini tentunya untuk mengupdate ilmu dan informasi mengenai bagaimana menjadi perseptor mentor yang baik di lahan praktek. Beberapa materi yang dibahas dalam pelatihan ini diantaranya  bagaimana konsep, strategi serta persiapan pembelajaran klinik, bagaimana model pembelajaran preceptor-mentorship dalam bimbingan klinik serta bagaimana penilaian-penugasan-evaluasi dalam pembelajaran klinik.

Diawal sesi pelatihan, terlebih dahulu dilakukan pre-test pada semua peserta untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan peserta mengenai model pembelajaran preceptor-mentor kemudian setelah pre test dilanjutkan dengan pemberian materi yang diberikan secara daring oleh narasumber.

Walaupun pelatihan ini dilaksanakan secara daring, semua peserta tetap bersemangat dan sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Begitupun dengan narasumber yang tak kalah semangat dalam memberikan materi dan bimbingan secara online.  

Pada hari kedua pelatihan dilakukan pratkikum bagaimana melakukan proses bimbingan klinik yang tepat dan benar sesuai dengan pendekatan preceptorship praktik klinik kebidanan. Kegiatan praktikum dilaksanakan dengan membagi peserta ke dalam kelompok, peserta dibagi menjadi 4 kelompok dan pada setiap kelompok ada yang berperan sebagai mahasiswa yang akan dibimbing dan ada juga yang berperan sebagai pembimbing klinik.

Semua peserta mengaku sangat senang dengan pelatihan yang telah dilakukan, mereka sangat berharap para pembimbing lahan praktik dapat menerapkan ilmu yang telah didapat pada pelatihan ini apabila ada peserta didik yang melakukan praktek klinik kebidanan di lahan praktik. Selain itu perwakilan dari peserta juga menyampaikan kesan setelah mengikuti pelatihan ini bahwasannya mereka sangat senang mengikuti pelatihan ini serta sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan seperti ini, mereka berharap kegiatan yang serupa dapat dilakukan di tahun mendatang dan menjadi agenda rutin setiap tahunnya bagi Prodi Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Palembang sehingga para pembimbing lahan praktik dapat  mengetahui bagaimana melaksanakan proses bimbingan klinik yang benar terhadap mahasiswa kebidanan.

Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan ini, semua peserta pelatihan mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan proses bimbingan klinik bagi mahasiswa dengan menggunakan pendekatan preseptor mentor dalam bimbingan klinik serta mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat selama pelatihan ini dalam membimbing mahasiswa profesi bidan Poltekkes Kemenkes Palembang di lahan praktik sehingga nantinya akan dihasilkan lulusan bidan yang professional dan kompeten dalam bidang kebidanan yang mampu bersaing dalam dunia kerja. (Reported : Sari Wahyuni, M.Keb)

Leave a Comment

7 + 8 =