Palembang, 19 Oktober 2020. Kegiatan Praktik Klinik Kebidanan (PKK II) Mahasiswa Tingkat III   Semester V dilaksanakan di Beberapa Praktik Mandiri Bidan (PMB) Kota Palembang  pada tanggal 19 Oktober s/d 26 Desember 2020, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 78 orang. Mengingat kondisi saat ini yang masih dalam keadaan Pandemi Covid-19, pihak pendidikan tetap membekali dan mengingatkan kepada mahasiswa untuk  tetap melaksanakan dan mematuhi Protokol Kesehatan demi menjaga kesehatan dan memutus mata rantai penularan Virus Covid-19 dan membatasi waktu pelaksaaan kegiatan yang dilaksankan selama 5 minggu di lahan Praktik.

Kegiatan Praktik Klinik Kebidanan (PKK II) ini bertujuan agar mahasiswa dapat melaksanakan asuhan kebidanan komprehensif dengan pokok kegiatan memberikan asuhan kepada ibu hamil, bersalain, nifas, keluarga berencana, kesehatan reproduksi, bayi baru lahir, neonatus, bayi dan balita baik yang fisiologis atau patologis yang mereka temui selama melaksanakan kegitaan PKK II ini. Mahasiswa diberi kesempatan yang seluas-luasnya untuk dapat mempraktikkan teori yang telah diperoleh pada semester ini yaitu melaksanakan asuhan kebidanan. Dari teori yang diperoleh pada perkuliahan diharapkan agar peserta didik mendapatkan pengalaman melaksanakan praktik secara benar dan terarah sesuai dengan prinsip dan etika profesi kebidanan sehingga dapat memberikan dampak positif pada perkembangan kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Melalui praktik klinik yang tepat, peserta didik secara langsung mulai mengenal pelayanan kesehatan  Asuhan Kebidanan dan belajar menanamkan disiplin serta kerjasama diantara sesama anggota profesi kesehatan.

Setelah mendapat pembekalan dari pihak pendidikan, mahasiswa yang dibagi menjadi beberapa kelompok, diserahkan ke lahan parktik oleh masing-masing pembimbing yang sudah ditunjuk oleh pihak pendidikan untuk melakukan kegiatan Praktik Klinik Kebidanan sesuai dengan waktu dan ketentuan yang telah dibuat.

(Reported by Jasmie)

Leave a Comment

5 + eleven =