Palembang, 15 Januari 2022. Prodi D-III Kebidanan Palembang Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang melaksanakan Kegiatan Pelatihan Hypnosis dengan tema ” Sinergi Hypnopresur dalam Pelayanan Kebidanan”. Tantangan tenaga kesehatan di Indonesia semakin besar dengan era globalisasi, setiap tenaga kesehatan harus mampu meningkatkan daya saing dan mampu berwirausah termasuk tenaga kesehatan yang menjadi pemberi pelayanan terdepan dalam pembangunan kesehatan masyarakat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan untuk mampu bersaing dengan tenaga kesehatan lain adalah dengan mengembangkan kompetensi diri melalui penguasaan terhadap kompetensi iti dan kompetensi komplementer. Hypnosis merupakan salah satu dari kompetensi komplementer yang bisa digunakan untuk daya saing tenaga kesehatan, khususnya bidan. Penguasaan Bidan terhadap Hypnosis dapat digunakan untuk berwirausahan dengan mengembangkan praktik mandiri Kebidanan Holistik.

Jurusan Kebidanan khususnya Prodi D-III Kebidanan merupakan salah satu Program Studi yang menghasilkan Ahli Madya Kebidaaan yang profesional, unggul, kompetitif dalam memenuhi pelayanan kebidanan serta unggul dalam pertolongan persalinan dengan hypnobirthing tahun 2025. Untuk mendukung mewujudkan visi tersebut, D-III Kebidanan Palembang menyelenggarakan pelatihan hypnosis yang terintergrasi dalam pelayanan kebidanan. Hypnosis merupakan salah satu manfaat hypnoterapi dalam dunia kebidanan yang dapat digunakan saat memberikan pelayanan kebidanan pada saat proses persalinan. Keberhasilan Hypnosis harus dimulai sejak masa kehamilan sampai dengan postpartum dan pelayanan KB. Kompetensi bidan dalam Hypnosos akan memberikan dampak yang luar biasa bagi ibu hammil dan lainnya, bahkan dapat mengurangi angka kesakitan dan kematian pada ibu. Kompetensi ini akan meningkatkan kepercayaan diri bidan dalam memberikan pelayanan kebidanan yang komprehensif, serta menumbuhkan jiwa berwirausaha bagi bidan. Pelayanan bidan yang prima dan lberkualitas akan membuat klien merasa nyaman dan percaya terhadap asuhan yang dibberikan oleh bidan. Selain itu untuk menambah pelayanan bidan yang mberkualitas maka diadakan juga pelatihan antenatal yoga.

Kegiatan pelatihan ini dilakukan dari pukul 08.00 s/d selesai WIB dan pesertanya pelatihan adalah mahasiswa Tingkat III sebanyak 86 orang. Kegiatan diawali dengan kata sambutan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang dalam hal ini diwakilkan oleh Wadir I Ibu Dra. Ratnaningsih Dewi Astuti, Apt, M.Kes sekaligus membuka secara resmi kegiatan pelatihan ini yang didampingi oleh Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan Kebidanan. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para Narasumber/Pemateri yaitu Bapak Dr. Hanung Prasetya, A.Md.Akp., S.Kp., S.Psi., M.Si (Psi) (CHt., CCH., CMH., CI., CPS., SEFTer., MNLP).

Diharapkan kepada seluruh peserta setelah mengikuti pelatihan  peserta mampu kepada melakukan pertolongan persalinan dengan teknik hypnosis.

(Reported by : Jasmie)

Leave a Comment

20 + 12 =