Palembang, 31 Oktober 2021.  Himpunan Mahasiswa Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang melaksanakan kegiatan Webinar Nasional dengan Tema “Strategi Asuhan Kebidanan Terintegrasi dengan Hipnosis di Masa New Normal”. Praktik Kebidanan adalah kegiatan pemberian pelayanan yang dilakukan oleh bidan dalam bentuk asuhan kebidanan. Praktik kebidanan merupakan asuhan yang diberikan oleh seorang bidan baik itu secara mandiri terhadap perempuan yang menyangkut proses reproduksi, kesejahteraan ibu dan bayi. Menurut Departemen Kesehatan yang dikatakan sebagai asuhan kebidanan itu sebagai penerapan fungsi dan kegiatan menjadi tanggung jawab dalam pemberian pelayanan kepada klien yang mempunyai kebutuhan dalam masalahnya di bidang kesehatan pada ibu hamil, masa persalinan, masa nifas, bayi setelah lahir, serta keluarga berencana. Sering kali kita mendapati bahwa klien mengalami gangguan psikologis sehingga dapat menimbulkan berbagai macam pikiran yang sangat banyak sehingga tanpa sengaja dapat menimbulkan gangguan, salah satu upaya membuat pikiran positif yaitu dengan hipnosis. Hipnosis adalah seni komunikasi untuk mempengaruhi seseorang sehingga mengubah tingkat kesadarannya, yang dicapai dengan cara menurunkan gelombang otak. Dimasa lalu kata “hipnosis” identik dengan magic dan gambaran penghipnotis akan memengaruhi orang lain untuk masuk dalam situasi yang memalukan. Namun, sekarang hipnosis digunakan sebagai terapi dalam berbagai bidang kedokteran, anestesi gigi dan sesi terapi pribadi, serta dapat di terapkan dalam memberikan asuhan kebidanan.

Dikarenakan saat ini pandemi covid-19 masih membersamai kita dan tak kunjung pergi maka dilakukan secara daring untuk mematuhi protokol kesehatan. Maka, Himpunan Mahasiswa Jurusan Kebidanan sebagai organisasi kemahasiswaan mengadakan kegiatan webinar nasional guna menambah wawasan bagi civitas akademika.

Kegiatan ini bertujuan  untuk Memberikan informasi kepada peserta terkait asuhan kebidanan yang terintegrasi dengan hypnosis, Memberikan edukasi kepada peserta untuk menambah wawasan, Memperkuat tali silaturahmi antara Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Palembang dan Meningkatkan relasi.

Kegiatan webinar ini dilakukan via Zoom Meeting dari pukul 08.00 s/d 13.00 WIB. Kegiatan diawali dengan kata  ambutan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang dalam hal ini diwakilkan oleh Wadir I Ibu Dra. Ratnaningsih Dewi Astuti, Apt, M.Kes sekaligus membuka secara resmi kegiatan webinar ini yang didampingi oleh Ketua dan Sekretaris Jurusan Kebidanan ibu Nesi Novita, S.SiT, M.Kes dan Suprida, SKM, M.Kes. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para Narasumber / Pemateri yaitu Bapak Dr. Hanung Prasetya, A.Md.Akp., S.Kp., S.Psi., M.Si (Psi) (CHt., CCH., CMH., CI., CPS., SEFTer., MNLP) tentang Aplikasi Hypno Pressure Pada Pelayanan Kebidanan dan Ibu Yunetra Franciska, SST., M.Keb (CHt) tentang Hamil Nyaman dan Menyenangkan dengan Yoga. Peserta dalam kegiatan webinar ini adalah Mahasiswa Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang, Mahasiswa Kebidanan Universitas lain, Tenaga Kesehatan, Masyarakat umum, dll.

(Reported by Jasmi)

Leave a Comment

fifteen − 2 =