Palembang, 17 Juli 2019. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Pengabmas) merupakan bentuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi Dosen. Salah satu bentuknya adalah kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh kelompok Dosen dan Mahasiswa Prodi D4 Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang. Kegiatan Pengabmas dilakukan di Posyandu Anyelir Wilayah Kerja Puskesmas Dempo Palembang dalam bentuk kegiatan “Pemberdayaan Ibu Menyusui Melalui Hypnobreastfeeding di Posyandu Anyelir Wilayah Kerja Puskesmas Dempo Palembang”. Kegiatan ini ditujukan bagi ibu menyusui yang mempunyai balita berusia 0-24 bulan dengan memberikan sugesti positif melalui Hypnobreastfeeding atau Hipnolaktasi agar mereka mempunyai motivasi dan kepercayaan diri yang tinggi bagi ibu saat menyusi bayinya. Dan dapat terus menyusui bayinya sampai berusia 2 tahun.

Kegiatan Pengabmas ini dilaksanakan oleh Dosen dan Mahasiswa  Prodi DIV Kebidanan sebagai fasilitator Hypnobreastfeeding yaitu Elita Vasra,SST,M.Keb, Nurul Komariah,SST,M.Keb dan Kharisma Virgian,SST,M.Keb, Rita Rukmawati, Tetriya Setyana Wibowo dan Ulin Nuha. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Kader Posyandu Anyelir Ibu Khuzana, ibu Ketua RT.03 ibu Lismaryati serta ibu-ibu menyusui di wilayah Posyandu Anyelir sebanyak 20 orang.

Kegiatan Pengabmas ini dilaksanakan di Posyandu Anyelir  Kelurahan 20 Ilir, Kecamatan Ilir Timur I, wilayah kerja Puskesmas Dempo Palembang.

Kegiatan Pengabmas ini diawali dengan pengisian kuesioner oleh ibu-ibu menyusui untuk melakukan pengisian biodata dan beberapa pertanyaan tentang frekuensi menyusui dan kesulitan yang dihadapi ibu pada saat menyusui. Kegiatan Hypnobreastfeeding ini dilakukan sebanyak 2 kali sesi selama 1 jam, satu kali sesi dihadiri oleh 10 orang ibu menyusui. Setelah diberikan penjelasan tentang prosedur yang akan dilakukan, ibu menyusui dipersilahkan untuk mengambil posisi yang nyaman bagi mereka agar rileks pada saat dilakukan Hypnobreastfeeding. Ibu-ibu menyusui dalam posisi duduk bersandar di dinding dan bisa sambil menyusui bayinya. Kemudian fasilitator melakukan proses Hypnobreastfeeding berupa pemberian kalimat-kalimat sugesti positif untuk proses menyusui diiringi dengan musik relaksasi selama lebih kurang 20 menit.

Pada akhir sesi fasilitator mengevaluasi proses Hypnobreastfeeding yang dilakukan. Ibu-ibu menyusui mengatakan ia merasa lebih tenang, nyaman dan merasa lebih bersemangat untuk menyusui bayinya, bahkan merasa lebih yakin dan mampu untuk terus memberikan ASI sampai anaknya berusia 2 tahun.

(Reported by : Kharisma)

Leave a Comment

one × 4 =