Palembang, 13 Juli 2019. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Pengabmas) merupakan salah satu bagian dari kegiatan tri darma perguruan tinggi yang harus dilakukan oleh dosen. Pada tanggal 13 Juli 2019 bertempat di Puskesmas Pembina Palembang, Dosen dan mahasiswa Program Studi D4 Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang melakukan kegiatan pengabmas “Ibm Pelatihan Penggunaan Peanut Ball pada bidan untuk mengurangi nyeri persalinan kala I”

Peserta dalam kegiatan pengabmas ini tidak hanya diikuti oleh bidan yang ada di Puskesmas Pembina Palembang namun diikuti juga oleh beberapa bidan yang memiliki Praktek Bidan Mandiri (PBM). Total peserta yang mengikuti kegiatan pengabmas ini berjumlah 15 orang bidan. Narasumber kegiatan pengabmas ini adalah Dosen Prodi D4 Kebidanan (Eprila, SST, M.Keb; Aprilina, SST, M.Keb dan Sari Wahyuni, SST, M.Keb) dan fasilitator adalah mahasiswa Prodi D4 Kebidanan (Meisya Fatriani, Mita Novia Sari dan Fitriyani)

Sebelum pemberian materi peanut ball oleh narasumber, kegiatan diawali dengan melakukan pre test terhadap bidan tentang peanut ball. Setelah pre test dilakukan, peserta diberikan leaflet penggunaan peanut ball dan nara sumber mulai menjelaskan materi yang ada pada leaflet kemudian narasumber bersama dengan fasilitator melakukan pelatihan singkat tentang bagaimana menggunakan peanut ball untuk mengurangi nyeri persalinan pada kala I. Diakhir sesi pelatihan dilakukan post test tentang peanut ball.

Semua peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pengabmas ini, hal ini terlihat dari keaktifan peserta dalam bertanya tentang peanut ball. Beberapa peserta mengaku bahwa sebelum mengikuti kegiatan pelatihan ini mereka belum pernah mengenal apa itu peanut ball dan bagaimana cara menggunakan serta apa manfaat dari pengunaan peanut ball bagi ibu hamil dan bersalin.

Kegiatan pengabmas ini juga dihadiri oleh Pimpinan Puskesmas Pembina Palembang Ibu dr. Hj. Erfiana Umar, M.Kes, MARS. Dalam sambutannya diakhir sesi pelatihan, dr. erfiana mengaku sangat senang dengan kegiatan pengabmas ini. “Kegiatan ini betul-betul membuka wawasan bagi kami, bukan hanya wawasan bagi para bidan namun juga wawasan bagi saya. Tentunya kegiatan ini akan menjadi modal bagi kami yang nantinya akan kami terapkan dalam memberikan pelayanan pada ibu bersalin sehingga proses persalinan akan semakin mudah” ungkap dr. Erfiana.

Puskesmas Pembina Palembang juga membuka peluang kepada Poltekkes Kemenkes Palembang untuk selanjutnya dapat melakukan kegiatan pengabmas di Puskesmas Pembina Palembang demi kemajuan Puskesmas Pembina Palembang dan Poltekkes Kemenkes Palembang.

Leaflet penggunaan peanut ball

Leave a Comment

twelve + 20 =