Palembang, 11 Oktober 2019, Dosen Program Studi D4 Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang melakukan kegiatan pengabmas “Ibm Pelatihan Penggunaan Peanut Ball terhadap kemajuan persalinan kala I di BPM Ananda Palembang Tahun 2019.

Kegiatan pengabmas ini diikuti oleh ibu hamil trimester ketiga yang melakukan kunjungan antenatal di Bidan Praktek Mandiri Ananda Rizqi Fadiillah, AM.Keb. Narasumber kegiatan pengabmas ini adalah Dosen Prodi D4 Kebidanan (Eprila, M.Keb; Aprilina, M.Keb dan Sari Wahyuni, M.Keb) dan fasilitator adalah mahasiswa Prodi D4 Kebidanan (Fitriyani, Meisya Fatrian dan Mita Novia Sari) Beberapa peserta mengaku belum pernah mengenal apa itu peanut ball dan bagaimana cara menggunakan serta apa manfaat dari pengunaan peanut ball bagi ibu hamil dan bersalin.

Kegiatan pengabmas ini diawali dengan melakukan pre test tentang peanut ball. Selanjutnya peserta diberikan leaflet penggunaan peanut ball dan nara sumber mulai menjelaskan materi yang ada pada leaflet kemudian narasumber bersama dengan fasilitator melakukan pelatihan singkat tentang bagaimana menggunakan peanut ball untuk mengurangi nyeri persalinan pada kala I. Terdapat beberapa tehnik peggunaan peanut ball yang dapat dilakukan oleh ibu hamil, ibu hamil dapat memilih tehnik yang nyaman bagi mereka. Diakhir sesi pelatihan dilakukan post test tentang peanut ball.

Dengan adanya kegiatan pelatihan peanut ball ini, diharapkan pengetahuan ibu mengenai peanut ball dapat meningkat serta penggunaan peanut ball dapat diaplikasikan pada ibu yang bersalin di BPM Ananda Palembang

Leave a Comment

3 × 5 =