Palembang, 7 s.d 10 September 2021. Poltekkes Kemenkes Palembang melaksanakan workshop pembekalan softskill kepada para calon lulusan Poltekkes Kemenkes Palembang tahun 2021 termasuk calon lulusan dari Prodi Diploma Tiga Kebidanan berjumlah 80 orang, Prodi Sarjana Terapan Kebidanan yang berjumlah 40 peserta dan Pendidikan Profesi Bidan yang berjumlah 37 peserta. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan luring di Hotel Arya Duta Palembang selama 4 hari mulai tanggal 7 s.d 10 September 2021.

Selain dihadiri oleh para calon lulusan tahun 2021, kegiatan ini dihadiri oleh para pimpinan Poltekkes Palembang mulai dari Direktur, Wakil Direktur I, II dan III, Kepala SPI, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, Sekretaris Jurusan, Kepala Unit, Kepala Instalasi, Kepala Urusan, Koordinator Pusat, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang, dan tentunya. Narasumber pada kegiatan ini diisi oleh narasumber yang telah berpengalaman diantaranya Tri Novia, S.Kep., Ners., MM, Fihrin Kasuma, S.Ap, SH, MH, CLA, CPCLE, Rimas Dian Mareta, M.Psi., Psikolog, Sayang Ajeng Mardhiyah, S.Psi., M.Si

Tujuan dari kegiatan workshop pembekalan ini adalah membekali para calon lulusan dengan softskill public speaking, membangun rasa optimis, bagaimana cara menetapkan target, cara mengembangkan sikap mental yang positif.

Pada hari pertama, dilaksanakan pembukaan yang diawali dengan laporan ketua Panitia Bpk. Lukman, S.Kep Ns, MM, M.Kes, kemudian kegiatan workshop dibuka langsung oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang Bpk. Muhamad Taswin, S.Si, Apt, MM, M.Kes. Selanjutnya dilanjutkan materi  yang diisi oleh ibu Tri Novia, S.Kep., Ners., MM dengan topik “Public Speaking for Interview & Health Educator”. Para peserta disuguhi konsep wawancara kerja, elevator Pitch, SWOT dan Skill, Teknik menjawab pertanyaan dan praktik/demonstrasi/simulasi langsung kepada dosen/tendik/sesama calon lulusan.

Pada hari kedua, materi masih dilanjutkan dengan narasumber ibu Tri Novia, S.Kep., Ns., MM, semua peserta workshop mendapat suguhan tentang softskill tentang enterprenuership. Kemudian pada hari kedua pukul 13.00 wib, materi dilanjutkan oleh Bapak Fihrin Kasuma, S.AP., SH., MH., CLA., CPCLE yang menyampaikan tentang aspek hukum dalam pelayanan Kesehatan. Pada materi aspek hukum pencegahan malpraktik pada pelayanan Kesehatan, peserta mendapat penjelasan tentang unsur malpraktik serta tanggungjawab sebagai tenaga kesehatan. Pada hari ketiga, materi disampaikan oleh  narasumber ibu Rimas Dian Mareta, M.Psi., Psikolog dan pada hari keempat materi disampaikan oleh  narasumber Sayang Ajeng Mardhiyah, S.Psi., M.S.

Diharapkan setelah mendapat materi selama empat hari ini, calon lulusan mampu menemukan ide kreatif dalam bisnis kesehatan, melihat peluang bisnis dalam bidang kesehatan, melakukan presentasi ide bisnis, dan memulai bisnis dari langkah-langkah kecil. Semoga setelah kegiatan seperti ini, para calon lulusan lebih siap bersaing pada dunia kerja dan Poltekkes Kemenkes Palembang beserta Prodi Diploma Tiga Kebidanan, Sarjana Terapan Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu para calon lulusan.

Untuk link materi, silahkan di download pada link berikut:
https://bit.ly/materi20210907

Reported By : Sari Wahyuni, SST, M.Keb

Leave a Comment

5 × four =