Workshop Pengembangan Kurikulum Program Studi Profesi Bidan Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang

palembang, 3 Mei 2019

Poltekkes Kemenkes Palembang melalui Pusat Pengembangan Akademik memfasilitasi Jurusan Kebidanan mengadakan Workshop Pengembangan Kurikulum Program Studi Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Palembang yang diselenggarakan di kampus Sukabangun Poltekkes Kemenkes Palembang. Kegiatan yang berlangsung pada hari Jumat, 3 Mei 2019 ini dibuka oleh Wakil Direktur I Poltekkes Kemenkes Palembang Ibu Dra Ratnaningsih Dewi Astuti, Apt, M.Kes. Dalam laporan ketua panitia Ibu Nesi Novita, S.SiT,M.Kes selaku Ketua Jurusan Kebidanan menyampaikan bahwa peserta dalam kegiatan workshop ini berjumlah 40 peserta yang terdiri dari Wakil Direktur I, Ka. SPI, Ka. Pusat Penjaminan Mutu, Ka. Pusat Pengembangan Akademik, Ka. Subbag ADAK, Dosen Jurusan Kebidanan, perwakilan mahasiswa dan alumni Prodi D IV Kebidanan. Selain peserta dari Poltekkes Kemenkes Palembang, Jurusan Kebidanan juga mengundang beberapa instansi / stakeholder di lingkungan Provinsi Sumatera Selatan seperti RSUP dr. Moehammad Hoesin Palembang, RSUD Palembang Bari, RS Muhammadiyah Palembang, Dinas kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Kesehatan Kota Palembang, Beberapa BPM di kota Palembang serta Organisasi Profesi IBI kota Palembang.

Narasumber dalam workshop ini berasal dari Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Indonesia yakni Ibu Heni Puji Wahyuningsih, S.SiT, M.Keb dan Ibu Dr. Yuni Kusmiyati, SST, MPH.

Tujuan dari workshop ini sendiri adalah untuk merumuskan kurikulum perguruan Tinggi (KPT) Program Studi Profesi dan dokumen kurikulum. Dalam kegiatan workshop ini juga membahas mengenai perumusan visi Program Studi Profesi Bidan yang akan digunakan dalam pengajuan pendirian profesi bidan. Tidak hanya peserta dari Poltekkes Kemenkes Palembang yang antusias mengikuti kegiatan workhop ini namun peserta dari stakeholder begitupun dengan Alumni sangat antusia dalam menyampaikan pendapat dan masukan terkait pengembangan kurikulum yang akan digunakan untuk Prodi Profesi Bidan dan juga memberikan masukan dalam perumusan visi Prodi Profesi Bidan.

Dengan terselenggaranya kegiatan workshop ini dicapai hasil terbentuknya kurikulum program studi profesi bidan dan visi  Program Studi Profesi bidan yang akan digunakan untuk pembentukan program studi Profesi Bidan.

Leave a Comment

eleven − nine =