Pada hari Senin dan Selasa, tanggal 5-6 Agustus 2024, Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang akan menyelenggarakan Workshop “Peninjauan Kurikulum Jurusan Kebidanan Tahun 2024”. Acara ini akan diadakan secara daring melalui Zoom Meeting dari Ruang Serbaguna Poltekkes Kemenkes Palembang mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Workshop ini menghadirkan narasumber Ibu Emi Suryani, M.Mid, Ketua Forum Kemitraan Institusi Pendidikan Kebidanan Yogyakarta, dan dr. Rizal Sanif Sp.OG (K) Onk. MARS dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Palembang. Pembukaan acara ini akan dihadiri oleh Direktur Polkesbang, Bapak Muhammad Taswin, S.Si, Apt, MM, M.Kes, beserta jajaran Wakil Direktur, yaitu Diah Navianti, SPd, M.Kes (Wakil Direktur I), Dra. Ratnaningsih Dewi Astuti, Apt., M.Kes (Wakil Direktur II), dan Lukman, S.Kep, Ners, MM, M.Kep (Wakil Direktur III). Selain itu, acara ini juga akan dihadiri oleh Ketua Jurusan Kebidanan, Ibu Nesi Novita, S.SiT, M.Kes, serta Ketua Program Studi Kebidanan, yaitu Ibu Heni Sumastri, SPd, M.Kes (Ketua Prodi Kebidanan Kampus Kota Palembang Program Diploma Tiga), Ibu Dahliana, SKM, M.Kes (Ketua Prodi Kebidanan Kampus Kabupaten Muara Enim Program Diploma Tiga), dan Ibu Eprila, SST, M.Keb (Ketua Prodi Kebidanan Program Sarjana Terapan dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi).

Acara ini diikuti oleh Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Prodi, Koordinator Akademik Jurusan dan Prodi, seluruh dosen Jurusan Kebidanan, stakeholder dan user, alumni, serta mahasiswa.

Materi yang disampaikan dalam acara ini meliputi Panduan Kurikulum, Kanker Reproduksi, Kurikulum D3 Kebidanan, Kurikulum Sarjana Terapan Kebidanan, dan Kurikulum Profesi Bidan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dosen dan pengelola dalam melakukan pengembangan kurikulum berbasis OBE dan implementasi Permendikbudristek No.53 Tahun 2023.

Tujuan dari workshop ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan capaian akhir mahasiswa melalui pendekatan OBE, sehingga dapat menjawab tantangan kebutuhan lulusan di dunia kerja. Diharapkan, peserta mampu memahami kurikulum berbasis OBE di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang, yang meliputi Prodi D3 Kebidanan Palembang, Prodi D3 Kebidanan Muara Enim, Prodi Sarjana Terapan Kebidanan, dan Prodi Profesi Bidan.

Leave a Comment

one × four =